Senin, Juli 13, 2009

Rahasia Terbesar Untuk Sukses

Banyak sekali para "master" (atau yang merasa master) membahas tentang berbagai tips dan trik untuk bisa sukses menjalankan bisnis di internet. Mereka membuat berbagai ebook, menulis puluhan artikel, dan memberikan berbagai ceramah tentang berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa sukses dalam berbisnis online.
Tapi sebenarnya ada satu hal yang belum mereka bahas, entah lupa atau bagaimana, padahal ini bagian yang paling penting supaya kita bisa sukses bertahan dalam bisnis online.
Jadi, apa rahasia terbesar untuk sukses dalam berbisnis online itu?

Jawabannya adalah kualitas!
Yah, kualitas adalah rahasia terbesar dari sebuah bisnis yang sukses. Kualitas adalah yang menentukan apakah sebuah bisnis bisa bertahan lama atau tidak. Semuanya berpusat kepada kualitas.
Saat Anda berjalan-jalan ke toko sepatu (offline) harus memilih antara dua produk, mana yang akan Anda beli? Sepatu yang kualitasnya rendah, atau sepatu yang berkualitas tinggi(bagus)? Saya yakin jawabannya adalah : yang berkualitas tinggi (bagus). Sepatu yang desainnya bagus, dan memiliki harga terjangkau, bahannya awet dipakai tentu akan menjadi pilihan utama Anda (dan banyak orang lainnya). Nah, sama dengan di dunia bisnis online, Anda pun harus memiliki produk barang atau jasa yang berkualitas tinggi untuk bisa tumbuh dan berkembang.
Jika Anda mempunyai jasa web hosting, jadilah web hosting yang terpercaya. Jika Anda berbisnis Google Adsense, jadilah publisher dengan kualitas situs yang bagus. Jika Anda melakukan bisnis advertising agent, berikan hasil berkualitas pada pengiklan yang beriklan di tempat Anda. Dan seterusnya.
Bagaimana jika Anda tidak punya produk atau jasa sendiri? Jadilah affiliate. Jadilah affiliate yang bagus performanya dalam berpromosi dan pilihlah produk yang bagus untuk dipromosikan (produk-produk di amazon.com, misalnya). Dijamin produk yang ditawarkan lebih cepat terjual daripada produk yang tidak jelas kualitasnya.
Jika Anda menjalankan bisnis sebagai seorang affiliate marketer, buatlah sebuah landing page yang bagus, sebuah presell page yang cantik dan menggugah. Jika Anda membuat sebuah bisnis berbasis Google Adsense, buatlah sebuah situs yang memiliki berbagai artikel yang menarik (berkualitas tinggi) dan membuat orang ketagihan berkunjung ke situs Anda (dan mengklik iklan-iklan di situs Anda).
Bahkan jika Anda tidak ingin membuat uang dari situs Anda, bahkan jika Anda hanya ingin menjadi terkenal dan memilki sebuah situs yang ramai, Anda tetap harus memperhatikan kualitas. Ya, kualitas dari desain dan isi situs Anda tersebut. Tanpa kualitas artikel yang baik, orang-orang tidak akan rela menghabiskan waktu mengujungi situs Anda dan membaca isinya. Bagi mereka, itu buang-buang waktu.
Jadi, kualitas memang sangat-sangat penting bukan?
Banyak pebisnis online yang tidak memfokuskan diri pada kualitas mengalami kegagalan dan kehancuran dalam bisnisnya. Pada tahun pertama OK, tetapi pada tahun kedua dan berikutnya bisnisnya langsung layu.
Sebaliknya saya melihat banyak bisnis yang memiliki produk dan jasa berkualitas tinggi yang hidup bertahun-tahun dan terus berkembang dari hari ke hari, walaupun harganya produk dan jasa yang ditawarkannya lebih mahal dari saingannya (yang memberikan harga murah tapi kualitas rendah).
Alasannya? Para konsumen tidak puas dengan produk dan layanan yang diberikan, dan berita tersebut menyebar serta membuat tidak ada lagi orang yang ingin berbisnis dengan mereka. Hasilnya? Bisnis hancur sudah.
Beda dengan para pebisnis yang mengutamakan kualitas, para pelanggan justru menjadi salah satu partner promosi yang sangat efektif. Yang pada akhirnya akan membuat bisnis mereka lebih besar lagi.
Saya tahu hal ini, sebab hal ini dialami sendiri oleh master uangpanas Haryo "The Gold Hand" Prabowo
Saya ambil contoh pertama, situs uangpanas.com
jika ada member-member uangpanas yang mengirimi beliau email testimonial seperti,
"Mas, saya baru saja dapat US$ 100 pertama saya dari internet (program RevResponse) karena memakai panduan dari uangpanas. Makasih banyak ya, semoga uangpanas makin sukses."
atau email testimonial seperti,
"Mas Haryo, akhirnya blog dan domain saya jadi juga setelah 3 hari dibimbing mas dan team uangpanas. Semoga situsnya sukses dan bisa menghasilkan US$ 1,000 sebulan seperti mas Haryo!"
atau email testimonial seperti,
"Hore, saya baru dapet bayaran pertama dari ReviewMe, US$ 47,3! Makasih uangpanas!"
atau email testimonial seperti,
"Trims ata update ebook uangpanasnya, mas Haryo. Saya dapat ilmu baru di sana, jangan bosan-bosan update ya....
itu berarti bisnis Haryo Parbowo akan meningkat sedikit lebih tinggi.
Mengapa bisa demikian?
Jawabannya :
• Pertama, karena itu berati produk uangpanas memang terbukti memuaskan para pelanggan, tidak membuat orang membeli sia-sia.
• Kedua, karena berarti hal itu akan menjadi promosi gratis untuk Haryo Parbowo sebagai pemilik situs.

Logikanya, para member uangpanas yang sangat puas tadi Akan mempromosikan uangpanas kepada kenalan-kenalan mereka tentang betapa puasnya mereka membeli produk Haryo Parbowo. Dan itu berarti uangpanas.com menjadi selangkah lebih maju, setingkat lebih tinggi dan sedikit lebih besar. Itu adalah kekuatan dari kualitas.
Untuk contoh kedua, adalah pada sebuah blog affiliasi yang dimiliki Haryo Parbowo, di mana beliau menjual produk kesehatan di sana. Untuk blog ini, beliau tidak melakukan promosi yang besar, beliau tidak melakukan iklan PPC yang berbayar untuk mencari traffik. Beliau mendapat traffik tambahan dari orang yang memberikan link secara gratis menuju blog tersebut, karena tertarik dengan isi artikel yang berkualitas yang diberikan di sana.
Apa hasil yang beiau dapat dari link gratis tersebut?
Jawabnya : traffic yang meningkat, dan juga ranking di Google Search yang turut meningkat. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Karena beliau menulis sebuah artikel yang berkualitas tinggi di blog tersebut --- yang membuat orang lain memberikan link gratis ke blog tersebut.
Itu dilakukan tanpa biaya, dan semua tanpa diminta. Sekali lagi : itu adalah kekuatan dari kualitas. Jadi, jika Anda ingin sukses, perbaiki kualitas diri Anda (upgrade ilmu, beli produk-produk pembelajaran bisnis terbaru), perbaiki kualitas situs Anda, perbaiki kualitas penulisan Anda, dan seterusnya. Ubah produk Anda menjadi selalu lebih baik, lakukan update dan upgrade berkala. perhatikan semua masukan, saran dan kritik yang ada. Hasilkan sebuah produk baru yang memiliki kualitas yang lebih tinggi dari sebelumnya. Ubah desain situs Anda menjadi lebih indah, ubah isi artikel Anda menjadi lebih menggugah, ubah gaya bahasa Anda menjadi leih professional, ubah ubah dan ubah semuanya menuju sebuah bentuk baru yang memiliki kualitas yang lebih tinggi dari sebelumnya. Ubah semua unsur dalam bisnis Anda, dan ganti dengan yang lebih baik.
Semakin baik kualitas yang Anda berikan, semakin baik juga hasil yang akan Anda dapatkan. Bukan begitu?



0 komentar:


Posting Komentar